Ini Pernyataan Bonek Jogja Jelang Kongres PSSI

Ini Pernyataan Bonek Jogja Jelang Kongres PSSI

- in BJ News

BonekJabodetabek.com | Menjelang pelaksaan Kongres Tahunan PSSI di Bandung pada 8 Januari nanti, Bonek Jogja menyampaikan sejumlah poin.

Salah satu poin yang disampaikan adalah mengingatkan rekan-rekan Bonek untuk menjaga ketertiban dan menghormati kelompok suporter lain ketika melintas di kota lain, terutama di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bonek Jogja juga berharap PSSI sebagai induk sepakbola nasional konsisten untuk kembali mengakui keanggotaan Persebaya, sebab saat ini hanya ada satu Persebaya.

Selain itu dan tidak kalah pentingnya, Bonek Jogja mewakili Bonek memohon ijin dan kulonuwun terhadap warga, suporter, dan pihak-pihak terkait lainnya di wilayah Yogyakarta. Karena, dalam perjalanan ke Bandung, sebagian besar Bonek akan melintas di wilayah Yogyakarta.

Dan berikut ini adalah pernyataan lengkap dari Bonek Jogja:

Press Release

Dengan hormat,
Mendekati pelaksanaan Kongres PSSI di Bandung pada tanggal 8 Januari 2017, bersama ini, kami Bonek Korwil Jogja (BKJ) menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Bonek Korwil Jogja telah menganggap Yogyakarta sebagai wilayah yang istimewa bagi Persebaya dan Bonek. Di Yogyakarta, PSSI pernah menggagalkan pertandingan play off antara Persebaya dan Persik Kediri di tahun 2010. Pembatalan pertandingan ini, yang oleh PSSI saat itu ditujukan untuk menyelamatkan Pelita Jaya dari degradasi, telah menyebabkan Persebaya terzalimi sampai saat ini. Pada Kongres Luar Biasa PSSI pada 10 November 2016 yang baru berlalu, Asprov PSSI Yogyakarta merupakan salah satu voters yang mendukung Persebaya diakui kembali. Para suporter sepakbola lokal Yogyakarta juga telah banyak memberikan dukungan pada Bonek untuk memperjuangkan kembali diakuinya Persebaya dalam tata kelola sepakbola nasional yang lebih baik. Berbagai latar belakang inilah yang menjadikan Yogyakarta sebagai kota yang istimewa bagi Bonek.

2. Media massa di Yogyakarta juga telah banyak memberikan liputan tentang persoalan sepakbola nasional, dengan di antaranya pemberitaan tentang Persebaya dan perjuangan Bonek. Kami, Bonek Korwil Jogja mengucapkan terima kasih kepada dukungan rekan-rekan wartawan/jurnalis di berbagai media massa Yogyakarta. Pemberitaan yang obyektif dan proporsional tentang persoalan Persebaya dari media massa telah membangkitkan empati dan simpati dari berbagai kelompok suporter di Indonesia. Perjuangan Bonek dalam membela Persebaya tidak akan pernah bisa dilepaskan dengan hubungan baik Bonek dengan media massa. Besar harapan kami hubungan baik ini terus terjaga.

3. Berkaitan dengan rencana Bonek untuk datang ke Kongres PSSI di Bandung pada akhir pekan ini, maka bersama ini kami memohon ijin dan kulonuwun kepada media massa, kelompok suporter sepakbola di Yogyakarta, warga dan aparat kepolisian. Kami berharap perjalanan kawan-kawan Bonek yang menuju Bandung dengan melewati Yogyakarta bisa berlangsung dengan kondusif. Jika ada Bonek yang melakukan tindakan kurang terpuji, maka mohon diinformasikan kepada kami dan kami siap memberikan teguran kepada yang bersangkutan.

4. Kami mengimbau kepada kawan-kawan Bonek yang melalui Yogyakarta dan kota-kota lain untuk menjaga ketertiban dan sepenuh hati menghormati suporter sepakbola yang ada di kota yang dilewati. Semua adalah saudara bagi Bonek dalam memperjuangkan Persebaya.

5. Kami mengimbau agar PSSI konsisten mengakui kembali keanggotaan Persebaya karena jelas, Persebaya telah selesai dualismenya di pengadilan. Long live Persebaya! Kulonuwun Yogyakarta. Bagi Bonek, Jogja tetap istimewa.

Salam Satu Nyali.

Tulus Budi

Baca Juga

Ikut Berduka, Salah Satu Sponsor Persebaya Berikan Donasi

BonekJabodetabek.com | Dalam pertandingan lanjutan Liga 2 Grup