Sang Naga Kembali Bangkit

Sang Naga Kembali Bangkit

- in BJ News, Opini

BonekJabodetabek.com | Pada jaman dahulu, cukup banyak pemain-pemain Persebaya Surabaya (bahkan sejak jaman SVB dan SIVB) yang berasal dari etnis Tionghoa. Sebut saja nama-nama seperti Tee San Liong, Liem Tiong Hoo, Bhe Ing Hien, Januar Pribadi hingga Lukman Santoso. Bersama seluruh pemain dari etnis yang berbeda lainnya, mereka membuat Persebaya Surabaya menjadi tim yang disegani pada rentangmusim kompetisi tahun 1931 hingga tahun 1973. Hal ini membuktikan bahwa ke-Bhineka-an sudah akrab dengan tim kebanggaan Arek-Arek Suroboyo ini sejak dulu.

Sudah cukup lama Persebaya Surabaya tak diperkuat oleh pemain yang memiliki pemain berdarah etnis Tionghoa. Terakhir kali hal ini terjadi pada Liga Indonesia VIII Musim 2001-2002.

Pemain tersebut bernama Kho Gieng Sien alias Suwito. Mantan pemain Diklat Persebaya ini bergabung dengan Tim Bajul Ijo di usia 20 tahun. Pemain yang akrab dipanggil dikalangan suporter Bonek dengan sebutan Jialing ini menempati posisi sebagai ujung tombak. Dengan tinggi 180 centimeter, Suwito sangat ideal sebagai seorang juru gedor. Sayang karena suasan tim yang tak kondusif, Suwito hanya memperkuat Persebaya Surabaya setengah musim saja. Dan masa inilah era Naga Terakhir di Tim “Green Force”.

Nah setelah nyaris 17 tahun berselang, muncul kembali pemain berdarah Tionghoa yang memperkuat Tim Bajul Ijo. Dia adalah putra lokal Surabaya bernama Arthur Irawan. Berposisi sebagai pemain belakang dan dengan pengalamannya bermain di Spanyol bersama Espanyol B dan pernah memperkuat sederet klub papan atas Indonesia, semoga permainan pemain berjuluk “King” ini bisa membawa Persebaya Surabaya menuju kejayaannya kembali.

Di level U-19 Persebaya juga memiliki pemain keturunan Tionghoa yang mumpuni. Namanya adalah Richard Rahmad. Berposisi sebagai pemain no.10 natural serta pernah didaulat sebagai MVP Liga Santri 2015. Semoga di masa mendatang pemain asal Jember ini bisa memperkuat tim senior Persebaya Surabaya.

Salam, satu nyali. Wani!!! 🐊🦈

*Tulisan dari Dhion Prasetya. Penulis Buku “Persebaya And Them: Jejak Legiun Asing tim Bajul Ijo”

Baca Juga

Deretan Pencetak Hat-trick Persebaya Surabaya Sejak tahun 1994

BonekJabodetabek.com | Tak banyak pemain Persebaya Surabaya yang mampu