Suporter Kompak Menuntut Adanya Keadilan

Suporter Kompak Menuntut Adanya Keadilan

- in BJ News

BonekJabodetabek .com | Belakangan ini kembali booming kabar mengenai kekerasan dan kerusuhan yang melibatkan suporter. Kali ini, bukan hanya suporter, namun aparat keamanan juga menjadi korban dalam kerusuhan tersebut.

Beranjak dari hal tersebut, salah satu televisi nasional mengundang sejumlah kelompok suporter untuk hadir dalam program diskusi “Mata Najwa” yang tayang langsung pada Rabu (29/6). Dan salah satu kelompok suporter yang hadir dalam acara tersebut adalah Bonek, yang diwakili oleh Bonek Jabodetabek.

Meskipun mendapatkan waktu yang cukup singkat, namun Bonek (Jabodetabek) sempat mengutarakan sedikit pandangan dalam acara bertema “Tumbal Nyawa Sepakbola” yang turut dihadiri perwakilan dari PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia), Kemenpora RI (Kementerian Pemuda dan Olahraga), dan Kepolisian Republik Indonesia.

“Sampai sekarang keadilan untuk kita, untuk Bonek itu enggak pernah ada,” tukas salah satu perwakilan Bonek Jabodetabek, Ricky saat diberikan kesempatan menyampaikan pernyataan, Rabu. “Bagaimana Bonek bisa dinilai baik, kalau Bonek melakukan tujuan-tujuan yang bagus, tidak ada satu pun media yang merekam. Tapi jika satu bikin masalah, semua media atau hampir semuanya menjadi headlines news.”

Bonek dan kawan-kawan suporter yang lain juga berharap adanya keadilan untuk seluruh suporter yang ada di Tanah Air. “Lalu, federasi sepakbola yang ada di Indonesia (PSSI) ini harus diubah total, jangan orangnya itu-itu saja,” Ricky menambahkan.

Bukan tanpa alasan Bonek dan suporter di Indonesia menuntut adanya keadilan untuk mereka. Pasalnya, sudah cukup banyak suporter yang menjadi korban, bahkan harus kehilangan nyawa saat mendukung tim kesayangannya. Dan kasus kematian suporter, seperti kematian lima Bonek di Lamongan, lalu kematian Bonek bernama Purwo Adi di dalam stadion, hingga yang terbaru kematian anggota The Jak bernama Fahreza, semuanya tidak pernah terungkap.

“Jangan sampai ada jatuh korban lagi. Karena selama ini juga banyak yang belum terungkap. Fahreza adalah salah satunya, kematian Bonek di Lamongan juga belum terungkap, banyak yang lainnya, termasuk almarhum Joko Riyanto dari Pasoepati juga enggak terungkap. Jadi kita minta keadilan,” tukas Ketua Forum Diskusi Suporter Indonesia, Helmi Atmaja di penghujung acara.

Helmi pun ingin mengajak semua pihak kembali ke fungsi dan perannya masing-masing. “Suporter mendukung timnya dengan sportif dan baik. Bapak-bapak kepolisian juga mengamankan dan menjaga kemanan dengan baik. Jadi jangan ada dendam antara suporter dan kepolisian. Jadi kita songsong ke depan dengan lebih baik dan keadilan ditegakkan,” harapnya.

 

Cuplikan video: Bonek dan Suporter Tanah Air tak Pernah Dapat Keadilan

Baca Juga

Persebaya Berbagi Poin dengan Sriwijaya FC

BonekJabodetabek.com | Persebaya Surabaya gagal menorehkan kemenangan ketika menjamu