Tiga Kemungkinan Putusan Nasib Persebaya

Tiga Kemungkinan Putusan Nasib Persebaya

- in BJ News

BonekJabodetabek.com | 30 Juni 2016, salah satu tonggak penting eksistensi Persebaya ke depannya. Saat itulah nasib Persebaya ditentukan di tingkat pertama pengadilan terkait dengan merek.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa hak atas merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemilik merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya (lihat Pasal 3 UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek – “UU Merek”).

Persebaya sendiri melalui PT. Persebaya Indonesia (PT.PI) telah mendapatkan hak merek dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tertanggal 22 April 2013 dengan nomor pendaftaran IDM000465336. Sertifikat tersebut pada intinya memberikan perlindungan merek Persebaya beserta logonya.

Hak Merek tersebutlah yang sekarang menjadi obyek perkara di Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri Surabaya dengan penggugat PT. Mitra Muda Inti Berlian (PT. MMIB).

Dalam Pengadilan Niaga, ada 3 macam putusan hakim yaitu menolak, mengabulkan, dan tidak dapat diterima. Tiga hal tersebut mempunyai konsekuensi hukum yang berbeda.

Apabila gugatan PT. MMIB dikabulkan, maka hak merek Persebaya yang melekat pada PT. PI menjadi batal.

Lain lagi jika gugatan PT. MMIB ditolak, maka secara sah hak Merek Persebaya adalah milik PT.PI. Sehingga siapapun yang menggunakan nama Persebaya tanpa seijin PT.PI dapat dipidanakan atau dituntut secara perdata.

Sedangkan jika gugatan PT. MMIB tidak dapat diterima, itu berarti hakim belum memeriksa dan mempertimbangkan pokok perkara. Dalam hal ini gugatan PT.MMIB mungkin terdapat berbagai cacat formil yang melekat pada gugatan. PT.MMIB dalam hal ini masih bisa mengajukan gugatan lagi. Akab tetapi, hak merek masih terus melekat pada PT.PI sampai nantinya ada gugatan baru dan diputus inkracht (berkekuatan hukum tetap).

Oleh karena itu, kita (Bonek) harus terus berikhtiar dan berdoa agar gugatan PT. MMIB ditolak oleh hakim, sehingga Persebaya dapat mempunyai posisi hukum yang lebih kuat lagi. Tapi ini dengan catatan PT. MMIB tidak mengajukan banding sehingga putusan akan berkekuatan hukum tetap. Karena apabila sampai dengan tingkat banding, kasasi dan Peninjauan Kembali maka kita harus bersabar hingga 2 atau 3 tahun lagi.

Untuk itu perjuangan harus difokuskan agar hakim memenangkan Persebaya, dan PT. MMIB tidak mengajukan banding atas perkara tersebut.

#LongLifePersebaya

Tentang Penulis

Baca Juga

Abah Dahlan Turun Gununglah

BonekJabodetabek.com | Abah Dahlan, njenengan pasti tahu, membangkitkan