Data Dan Fakta Pemain Persebaya Surabaya Di Liga 2 Musim 2017

Data Dan Fakta Pemain Persebaya Surabaya Di Liga 2 Musim 2017

- in Kliping
Courtesy : Jawa Pos

 

 

 

 

 

Tuntas sudah perjuangan Persebaya Surabaya kembali ke rumah semestinya, Liga 1, musim ini. Tim Bajul Ijo menjungkalkan Tim Ayam Kinantan (PSMS Medan) di partai final kemarin (28/09/17) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung dengan skor 2-3 (2-2) setelah perpanjangan melewatu waktu normal. Gol-gol Persebaya Surabaya dicetak oleh Irfan Jaya (2 Gol) dan stiker Rishadi Fauzi di menit ke-1.

Berikut sedikit catatan mengenai pemain beberapa punggawa Persebaya Surabaya :

  1. Irfan Jaya menjadi MVP (Most Valuable Player) Liga 2 musim ini. IJ41 juga tercatat mencetak 10 gol untuk Green Force dengan dua kali melalui free kick dan sekali melalui tendangan 12 pas. Keran golnya dibuka kali pertama saat Persebaya Surabaya membungkam Martapura FC 2-0 di Surabaya pada tanggal  27 Juli 2017 silam. Gol perdananya dicetak melalui tendangan bebas cantik.
  2. Misbakhus Solikhin, kapten tim Persebaya Surabaya, menjadi top skor Persebaya Surabaya musim ini dengan torehan 12 gol. Empat diantaranya dicetak melalui tendangan bebas dan dua lainnya tercatat melalui tendangan penalti. Keran gol Super Mis dicetak di laga perdana Liga 2 tatkala Persebaya Surabaya ditahan imbang Madiun Putra 2-2 pada tanggal 20 April 2017.
  3. Kurniawan Karman menjadi pemain Persebaya Surabaya yang mencatatkan diri dengan predikat Top Assist di dalam tim musim ini. Pemain asal Makassar yang serba bisa ini menorehkan lima assist dari 12 kali pertandingan di kompetisi yang baru saja usai ini.
  4. Adam Maulana mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang pernah menjadi kapten tim Persebaya Surabaya yang berlaga di kompetisi resmi musim ini. Pemain jebolan klub internal kompetisi Persebaya Surabaya Al-Rayyan ini menjadi kapten tim saat Tim Bajul Ijo menggulung Mojokerto Putra di babak 16 besar dengan skor 4-0. Dalam pertandingan ini pula, Adam masuk menjadi starter line up dan bermain penuh selama 90 menit plus dua kali babak perpanjangan waktu.
  5. Kiper Miswar Syahputra layak mendapat gelar Top Saves musim ini dengan total penyelamatan sejumlah 87 kali dari 15 pertandingan dan catatan kebobolan sebanyak 8 kali. Pria asal Banda Aceh ini juga 943 menit tercatat melakukan clean sheet. Eks pemain Persiraja Banda Aceh ini juga sekali menepis tendangan pinalti saat pertandingan debutnya melawan tuan rumah Martapura F.C. di Martapura.
  6. Pemain tengah Muhammad Hidayat musim ini layak mendapatkan gelar Top Ball Winning dengan catatan 92 kali dari 21 kali bertanding. MH96 juga mencatatkan sebuah gol di musim ini.
  7. Rachmat Irianto ikut menyamai prestasi ayahnya yang juga legenda Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro dengan meraih trofi Liga 2 musim ini. Ayahnya turut membawa Green Force menjuarai Divisi Satu Liga Indonesia 2006 tatkala membungkam Persis Solo 2-0 di Stadion Brawijaya, Kediri.
  8. Rachmat Irianto tercatat sebagai pemain termuda di tim Persebaya Surabaya musim ini. dengan debut di usia 17 tahun 296 hari. Debutnya dicatatkan saat Tim Bajul Ijo menjamu Persatu Tuban yang berkesudahan 2-0 Persebaya Surabaya unggul atas tamunya.
  9. Winger Oktafianus Fernando tercatat bermain sebanyak 16 kali dan torehan 6 gol serta 3 assist.
  10. Striker jangkung Rishadi Fauzi mencetak 6 gol dan satu assist musim ini. Dua gol dicetak melalui tendangan kaki kanan dan sisanya dicetak melalui sundulan kepala yang merupakan kekuatan pemuda asal Jakarta ini.

* Statistik oleh saya

* Disajikan oleh penulis “Persebaya And Them : Jejak Legiun Asing Bajul Ijo”

Tentang Penulis

Dhion Prasetya

Penggila Persebaya Surabaya sejak 1988, Web Blogger & Penulis Sejarah. Penulis Buku “Persebaya Surabaya Dan Mereka : Jejak Legiun Asing Bajul Ijo”.

Baca Juga

The Real Final!!!! #KitaPersebaya