Gunduli PSBI Blitar 4-0, Persebaya Surabaya Kukuh di Puncak Klasemen

Gunduli PSBI Blitar 4-0, Persebaya Surabaya Kukuh di Puncak Klasemen

- in Matchday
Persebaya lumat PSBI Blitar empat gol tanpa balas. (Foto: Youtube)

BonekJabodetabek.com | Bermain di hadapan para pendukung fanatiknya, Bonek dan Bonita di Stadion Gelora Bung Tomo, Benowo, Surabaya kemarin petang. Persebaya Surabaya berhasil menggilas tamunya PSBI Blitar empat gol tanpa balas.

Jual beli serangan terjadi sejak babak pertama dimulai. Akhirnya gol pemecah kebuntuan Persebaya Surabaya dibuka oleh pemain yang memiliki VO2 tertinggi di dalam tim, Abu Rizal “Rodeg” Maulana pada menit ke-13 memanfaatkan umpan dari ujung tombak Yogi Novrian.

Setelah gol Tim Bajul Ijo ini, permainan anak-anak Laskar Singo Lodro seperti tersengat. Sempat beberapa kali mengejutkan gawang Persebaya Surabaya yang kali ini dijaga oleh Putra Aceh, Miswar Saputra. Pada menit ke-31 peluang terbaik tercipta dari PSBI Blitar. Sebuah sontekan dilakukan oleh Ismail Soleh yang sayang masih membentur mistar gawang Persebaya Surabaya. Persebaya Surabaya pun juga mempunyai sejumlah peluang emas. Diantaranya tendangan Oktavianus Fernando di menit ke-33. Yang tendangannya masih bisa ditepis kiper PSBI Blitar,Fahmi Idris. Kemudian pada menit ke-44, Persebaya Surabaya memperoleh tendangan bebas di ujung kotak penalti PSBI Blitar. Bola yang dieksekusi oleh Irfan Jaya masih bisa ditepis oleh Fahmi Idris. Bola pontas yang disambar oleh Oktavianus Fernando masih melenceng sedikit disamping gawang lawan.

Di menit akhir waktu normal babak pertama, pemain tengah PSBI Blitar Luxy Ariawan harus ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh Ragil Muhammad Badai karena cedera kepala. Akibat berbenturan dengan bek tengah Persebaya Surabaya, Fandri Imbiri.  Dalam sebuah skema counter attack di menit kedua babak perpanjangan waktu, Irfan Jaya memberikan umpan silang dari sisi kiri kotak penalti PSBI Blitar. Umpan ciamik ini disambut dengan sundulan oleh sang kapten, Misbakhus Solikhin. Bola sundulan ini masih bisa ditepis oleh kiper lawan dan mengenai mistar gawang. Bola pantul dari mistar ini masih bisa diraih oleh lesakkan kaki kiri Sang Kapten kedua. Gol!!!! Gol ini adalah gol ketujuh Misbakhus Solikhin dalam Kompetisi Liga 2 Indonesia. Persebaya Surabaya 2 PSBI Blitar 0. Hingga peluit tanda turun minum telah ditiup oleh pengadil lapangan. Babak pertama masih untuk keunggulan tuan rumah Green Force 2-0 atas tamunya PSBI Blitar

Babak kedua dimulai. Persebaya Surabaya semakin meningkatkan intensitas serangan. Tak perlu berlama-lama lagi menambah keunggulan. Di menitke-49, sebuah sodoran Irfan Jaya dari sayap kanan mampu dikonversikan menjadi gol oleh Oktavianus Fernando. Gol!!!!! Persebaya semakin nyaman bermain dengan keunggulan 3-0.

Superioritas lini tengah Persebaya Surabaya ditambah dukungan dari suporter Bonek dan Bonita yang memadati Stadion Gelora Bung Tomo membuat anak asuhan Angel Alfredo Vera ini semakin diatas angin. Karena sudah unggul tiga gol, sang pelatih kemudian menarik bek kanan Abdul Aziz untuk digantikan dengan Sang Kapten pertama, Rendi Irwan pada menit ke-60. Untuk saat ini, tim kebanggaan Arek-Arek Suroboyo bermain dengan formasi tiga pemain bertahan.

Hadirnya Rendi menciptakan bermacam model serangan di lini tengah Persebaya Surabaya. Umpan-umpan khas Rendi Irwan memanjakan dan membuat Irfan Jaya serta Oktavianus begitu menggila di sektor flank. Menit ke-65, pemuda asal Bantaeng Irfan Jaya nyaris mencetak gol indah andai tendangannya tak membentur mistar gawang PSBI. Peluang ini dikreasikan oleh Rendi Irwan.

Lalu kemudian Coach Alfredo Vera menarik goal getter Yogi Novrian yang digantikan oleh Sidik Saimima. Penampilan perdana Sidik Saimima setelah lama dibekap cedera. Dalam pertandingan ini, Sidik nyaris mencetak gol. Sayang tendangannya masih melambung di atas mistar kendati berdiri dalam posisi bebas.

Kemudian pergantian terakhir juga memasukkan pemain yang juga absen cukup lama. Kurniawan Karman, sang Putra Makassar dimasukkan menggantikan Oktavianus Fernando. Tak lama setelah merumput, Karman tinggal berhadapan one on one dengan kiper Fahmi namun bola chip Kurniawan masih terlalu lemah dan mudah saja diamankan oleh penjaga gawang PSBI Blitar.

Pada menit 90+1, Sang Kapten Rendi Irwan lolos dari jebakan offside PSBI. Dan dari tengah lapangan dia menggiring bola dan berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang lawan. Tendangan pelannya menjadikan pertandingan ini paripurna dengan kemenangan telak 4-0 (2-0) atas PSBI.

Dengan poin tiga ini, Persebaya Surabaya semakin jauh di posisi puncak Grup 5 Liga 2 Indonesia dengan nilai 21 dari 10 kali bertanding. Meninggalkan sementara rival terdekatnya Martapura FC dengan 16 poin dari 9 kali bermain. (dpp)

Baca Juga

Mojokerto Putra VS Persebaya Surabaya : Tetap Setel Kenceng!!!

Partai terakhir yang mempertemukan kedua kesebelasan asal Jawa