Lebih Baik Logo Persebaya Lama atau Baru?

Lebih Baik Logo Persebaya Lama atau Baru?

- in Opini
Loga lama dan logo baru Persebaya. (Foto. bolaindo.com)
Loga lama dan logo baru Persebaya. (Foto. bolaindo.com)

BonekJabodetabek.com | Seiring hampir dipastikannya Persebaya kembali ke kompetisi sepakbola nasional, saat ini mulai didiskusikan mengenai logo mana yang dipakai di kompetisi mendatang.

Pada 2015, akun twitter Emosi Jiwaku pernah melakukan survey, hasilnya 60 persen netizen menginginkan logo baru yang dipakai.
Saat ini, Andie Peci melalui akun twitternya juga sedang melakukan poling yang akan ditutup beberapa hari mendatang. Hasil dari poling tersebut akan disampaikan kepada manajemen.
Jika dapat disarikan, bagi yang memilih logo baru beranggapan bahwa logo ini adalah simbol perjuangan selama lima tahun ini. Sedangkan pemilih logo lama, karena logo ini sarat sejarah.
Penulis sendiri untuk saat ini, lebih cenderung memilih Persebaya menggunakan logo lama di kompetisi mendatang.
Karena apa? Yang pertama, seperti netizen lainnya, bahwa logo ini sarat akan sejarah dan juga merupakan simbol kejayaan Persebaya di masa lalu.
Yang kedua, logo lama adalah yang terdaftar sebagai hak merek di Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia) Republik Indonesia. Sudah mempunyai hak merek atas logo tersebut, mubazir jika tidak digunakan.
Yang ketiga, dalam sengketa dengan PT. Mitra Muda Inti Berlian di Pengadilan Niaga, PT. Persebaya Indonesia dimenangkan atas logo lama ini.
Yang keempat, meskipun logo lama pernah digunakan oleh klub kloningan, namun sekarang logo tersebut telah kembali ke yang berhak setelah melalui perjuangan yang panjang. Logo baru memang digunakan sebagai simbol perjuangan, namun perjuangan itu hakikatnya adalah untuk mengembalikan nama dan logo kepada yang berhak.
Penulis tidak anti terhadap rebranding, namun saat ini memang lebih baik tetap menggunakan logo yang lama, dengan alasan-alasan di atas.
Mengenai penggunaan logo baru ke depannya, lebih baik setelah logo baru tersebut juga telah disahkan sebagai hak dari Persebaya.
Biarkan sekarang Persebaya menikmati kemenangan ini dengan logo lama yang telah diperjuangkan.
Tapi apapun nanti keputusan manajemen mengenai logo, penulis tetap akan mendukung Persebaya dengan sepenuh hati.
Salam

Baca Juga

Pertandingan Senin-Kamis Berpotensi Mematikan Klub Liga 2

BonekJabodetabek.com | Dari kabar yang beredar, pertandingan di