Saatnya Melawan Fenomena yang Selalu Memakan Korban Jiwa

Saatnya Melawan Fenomena yang Selalu Memakan Korban Jiwa

- in Opini

BonekJabodetabek.com | Saat ini fenomena Boling (Bondho Maling) dan “estafet” yang sudah terdistorsi tujuannya, telah memakan banyak korban, baik dari masyarakat awam dan Bonek. Oleh karena itu, perlu upaya masif dan terstruktur menghadapi fenomena tersebut.

Ijinkan saya, memberikan beberapa pendapat untuk melawan fenomena tersebut.

Pertama, pemikiran salah kaprah tentang mBonek enggak bondo sama sekali harus dilawan dengan pemikiran juga. Harus ada upaya pelurusan terhadap hal tersebut. Budayakan kembali pemikiran mengenai mBonek yang bertanggung jawab, tidak menyusahkan banyak orang, dengan membawa bekal selama dalam perjalanan dan di kota orang.

Menjamurnya berdirinya komunitas Bonek seharusnya berbanding lurus dengan upaya masif ini, komunitas tersebut harus bisa memberikan edukasi pada anggotanya.

Kedua, ini cara ekstrem tapi saya rasa harus dilakukan, yaitu hentikan sama sekali estafet. Saat ini, estafet lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. Terlalu banyak Boling yang menumpang hidup dari budaya estafet ini. Sehingga korban baik dari masyarakat awam dan Bonek itu sendiri bisa diminimalisir.

Ketiga, membuat tour dengan biaya murah. Banyaknya komunitas Bonek seharusnya bisa dikoordinasikan mengenai tour berbiaya murah, sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Keempat, memulai dari diri sendiri, jika tak punya dana/uang tidak melakukan tour dalam mendukung Persebaya. Keadaan yang mendesak seperti lapar dapat memicu seseorang untuk berbuat kriminal.

Kelima, tidak mentoleransi kembali keberadaan Boling, selama ini kita mentoleransi keberadaan mereka karena ikatan solidaritas kelompok sesama hijaunya. Hingga pada akhirnya, mereka selalu merasa dimudahkan karena sudah tersedia makanan dan transportasi untuk mereka, tapi ironinya, mereka tidak melihat bagaimana para tetua-tetua yang berjuang untuk mereka sehingga dapat melewati kota orang dengan aman, cukup makan dengan terus menerus berbuat kriminal yang pada akhirnya merugikan Bonek.

Saat ini harus ada ketegasan untuk menyerahkan mereka pada hukum yang berlaku. Ketika mereka ditindak oleh aparat, tak ada lagi solidaritas kelompok untuk mereka, karena mereka sendiri tak pernah memikirkan akibat buruk yang akan ditimpa Bonek setelahnya.

Tentang Penulis

Baca Juga

Usut Tuntas Kematian Micko Pratama

BonekJabodetabek.com | Micko Pratama, remaja yang akan genap