Bonek Mancanegara: Podo Boneke Kudu Awe-awe

Bonek Mancanegara: Podo Boneke Kudu Awe-awe

- in BJ News
Bonek Malaysia.

BonekJabodetabek.com | Dibukanya rekening donasi oleh Bonek se-Jabodetabek dan Karawang sebagai bentuk dukungan terhadap aksi #GrudukJakarta #BelaPersebaya yang akan dilakukan oleh ratusan bahkan ribuan Arek Bonek 1927 di Jakarta pada 2-4 Agustus 2016, juga menggerakkan para Bonek dan Bonita di luar Indonesia untuk ikut mendonasikan uang mereka.

Tercatat dalam laporan donasi yang selalu di-update di laman bonekjabodetabek.com (bisa lihat di sini Laporan Donasi) dan emosijiwaku.com, Bonek dari Swiss, Malaysia, Taiwan juga turut menjadi donatur, Bonita Jerman pun juga telah melakukan transfer namun karena butuh proses antar negara belum dicatat dalam laporan.

Lalu, apa yang membuat kawan-kawan Bonek dari luar Indonesia ini tergerak untuk memberikan donasi? Untuk menjawab rasa penasaran, Bonek Jabodetabek pun bertanya kepada Cak Budiono, salah satu Bonek yang berdomisili di Swiss yang juga tergerak untuk memberikan donasi.

Pria yang bekerja sebagai perawat di Swiss bagian Prancis tepatnya di bawah gunung Matehorn/Zermatt itu berharap donasi tersebut bisa sedikit membantu dulur-dulur Bonek selama di Jakarta. “Di manapun tempatnya podo Boneke kudu awe-awe (sesama Bonek harus saling membantu),” tegas Cak Budiono kepada BonekJabodetabek.com, Jumat (29/7) WIB.

Sebagaimana diketahui, donasi ini sejak awal dibuka memang untuk difokuskan pembuatan dapur umum guna sedikit meringankan peserta aksi ketika selama berada di Jakarta.

Hampir senada dengan Cak Budi, Cak Ontel, yang mewakili Bonek Liar Taiwan, tergerak memberikan donasi untuk sedikit meringankan perjuangan dulur-dulur Bonek selama menuntut keadilan di Jakarta. “Hanya (memberikan donasi) ini yang bisa kami lakukan buat dulur-dulur Bonek yang melakukan aksi, karena kami dari Bonek Liar Taiwan tidak bisa langsung datang ke lokasi,” Cak Ontel menambahkan.

Sementara, mengenai keinginan Bonek untuk datang ke kegiatan aksi #BelaPersebaya, Cak Aditya, yang meawakili Bonek Malaysia bertutur bahwa hampir semua teman-teman Bonek Malaysia ingin menyumbang tenaga ke Jakarta.

“Akan tetapi karena keterbatasan dana dan kesulitan mendapat ijin cuti, akhirnya berinisiatif menyumbang dana sebagai bentuk solidaritas kepada dulur-dulur yang berjuang di Jakarta,” terang Cak Aditya.

Sebagai catatan, kendati telah menyumbang dana, namun lima orang perwakilan Bonek Malaysia akan tetap datang ke Jakarta, karena mereka dapat ijin cuti dari tempat kerja.

Salut untuk Bonek luar negeri yang masih tetap peduli kepada Persebaya dan saudara hijaunya.

Baca Juga

Sepakbola Bahasa Universal, Bukan Rendahkan Martabat Perempuan

BonekJabodetabek.com – Sepakbola meskipun identik dengan laki-laki, namun