Cerita di Balik Jersey Bertuliskan Bonek Jabodetabek

Cerita di Balik Jersey Bertuliskan Bonek Jabodetabek

- in BJ News

BonekJabodetabek.com | Rombongan Bonek Jabodetabek (BJ) bersama kawan-kawan lainnya pada Sabtu (3/9/2016) pagi sengaja datang ke Stadion Sunter, Jakarta Utara untuk memberikan dukungan terhadap tim Persebaya U-16 yang akan berlaga di Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2016.

Di ajang tingkat nasional ini, Persebaya U-16 merupakan wakil dari Jawa Timur, setelah sebelumnya berhasil tampil sebagai juara di tingkat provinsi. Berada di Grup F, Persebaya U-16 harus bersaing dengan wakil dari Lampung, Kalimantan Barat, dan Sumatera Selatan untuk lolos ke babak 16 Besar.

Kendati Liga Pelajar baru dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrowi pada Minggu (4/9) sore, namun sejak Sabtu pagi telah digelar sejumlah pertandingan.

Persebaya U-16 sendiri sudah harus menjalani dua pertandingan pada Sabtu, yakni menghadapi tim asal Lampung di pagi hari, dan melawan Kalbar di sore harinya. Tim besutan Ridwan Anwar itu pun sukses menorehkan kemenangan telak 5-1 atas Lampung di pertandingan pertama.

Seusai kemenangan tersebut, pemandangan yang cukup mengagetkan terlihat di tribun penonton. Jersey yang digunakan oleh pemain dijemur di bawah terik matahari untuk digunakan lagi pada pertandingan sore harinya.

Menyaksikan pemandangan itu, sejumlah teman-teman BJ pun mencoba untuk menemui ofisial tim. Dan sempat terkejut saat memperoleh jawaban jika Persebaya U-16 ternyata hanya memiliki satu jersey, yang ini berarti tidak memiliki jersey cadangan.

Mendengar hal tersebut, BJ berinisiatif untuk membuatkan jersey untuk pelapis, karena perjuangan masih lama, prihatin juga jika pemain harus mengenakan jersey yang tentunya tidak nyaman karena sudah dikenakan untuk bertanding sebelumnya.

Setelah didiskusikan dengan ofisial dan orang tua pemain, akhirnya disepakati untuk membuat jersey sebanyak 25 buah dan seragam untuk ofisial sejumlah tujuh buah.

Sabtu siang, BJ segera menghubungi Cak Tikno, yang menjalankan usaha konveksi (Techno Sport). Alhamdulillah, BJ mendapat jawaban yang menyenangkan dari Cak Tikno. Ya, Cak Tikno siap untuk membantu BJ untuk menyediakan jersey dan seragam ofisial yang dibutuhkan Persebaya U-16.

Selanjutnya, dimulailah penggalangan dana di internal BJ, yang akhirnya pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB semua dana bisa terkumpul. Namun, sayangnya tidak semuanya bisa melakukan transfer dana malam itu juga. Akhirnya, dana seadanya ditransferkan terlebih dahulu ke Cak Tikno sekitar pukul 22.00 WIB. Dan keseluruhannya baru bisa dilunasi pada Minggu siang.

Membuat jersey dalam satu malam tentu tidak semudah membalikkan tangan. Alhamdulillah, akhirnya jersey sudah siap sebelum pertandingan terakhir Grup F melawan Sumsel dimulai.

Akan tetapi, dalam perjalanannya, semuanya tidak semulus yang diperkirakan, karena satu jam sebelum kickoff pertandingan, jersey masih berada di Bekasi, sementara pertandingan sesuai jadwal digelar di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta pada pukul 16.00 WIB.

Bonek Jabodetabek menyerahkan jersey kepada Persebaya U-16 (13)

Sekitar pukul 15.00 WIB, BJ mendapat kabar bahwa Cak Tikno dkk baru akan melakukan perjalanan dari Stasiun Bekasi ke Stasiun Manggarai untuk mengantar jersey sekaligus menyaksikan laga Persebaya U-16. Namun beruntung, jadwal pertandingan mundur, pasalnya Menpora masih belum tiba di stadion untuk membuka Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2016 secara resmi.

Tim pengambil jersey dari BJ pun sekitar pukul 15.20 WIB berinisiatif untuk pergi ke Stasiun Manggarai untuk menanti kedatangan Cak Tikno dkk. Ketika jersey tiba di Stasiun Manggarai, tim BJ langsung tancap gas menuju ke Stadion Soemantri Brodjonegoro. Syukur Alhamdulillah waktunya masih terburu, dan jersey pun tiba di ruang ganti pemain dan ofisial.

Namun, ternyata masalah masih belum berhenti sampai di situ. Dalam turnamen ini tidak diperbolehkan adanya sponsor komersial, dan jersey yang diberikan kepada Persebaya U-16 terdapat alamat situs Bonek Jabodetabek, namun ini bukanlah sponsor komersial. Setelah berdiskusi dengan Bung Kusnaeni yang merupakan Panitia Pelaksana, jersey akhirnya boleh dipakai, karena kami bisa meyakinkan jika ini murni dari suporter dan tidak ada unsur komersil sedikitpun.

Meskipun tidak seberapa tapi ini adalah wujud nyata kecintaan kami terhadap Persebaya.

Baca Juga

Bonek Jabodetabek Open Donasi untuk Cak Tulus

Assalamualaikum Wr. Wb. Bonek Jabodetabek open donasi untuk