Persebaya Daratkan Mantan Rekan Satu Tim Bek Liverpool

Persebaya Daratkan Mantan Rekan Satu Tim Bek Liverpool

- in BJ News
Amildo Balde saat masih memperkuat Celtic FC. (Foto: zimbio.com)

BonekJabodetabek.com | Selangkah lagi Persebaya Surabaya bakal diperkuat striker berkebangsaan Guinea-Bissau, Amido Balde. Ujung tombak yang pernah berjersey Celtic FC itu disebut telah tiba di Surabaya sejak Kamis (31/1) malam.

Hari ini, pemain kelahiran Bissau, 16 Mei 1991 itu tengah menjalani serangkaian tes medis sebelum resmi berkostum Bajol Ijo. Balde diproyeksikan untuk menggantikan mesin gol Persebaya musim lalu, David da Silva, yang hengkang ke kontestan liga teratas Korea, Pohang Steelers.

Pelatih Persebaya, Djajang Nurjaman pun membenarkan jika satu pemain asing sudah mendarat di Kota Pahlawan. “Namanya Amido Blade, tapi untuk menjadi pemain Persebaya harus melalui tahapan demi tahapan. Salah satunya tes kesehatan,” ungkap Djanur seperti dikutip laman resmi Persebaya.id, Jumat.

Menurut Djanur, hasil tes kesehatan akan menjadi patokan apakah sang pemain layak atau tidak untuk merumput bersama Green Force pada musim 2019.

Hijrah ke Celtic pada awal musim 2013, Balde tercatat pernah satu tim bersama mantan pilar lini belakang Liverpool FC, Virgil van Dijk. Secara postur, Balde juga cukup menjulang. Dia memiliki tinggi badan 193 cm. “Badannya juga proposional. Semoga sesuai dengan harapan kami,” harap Djanur.

Sebagaimana mengutip dari laman Soccer Way, sejak mengawali karier profesionalnya pada 2010, Balde tercatat sudah tampil di lapangan sebanyak 130 kali, dan membukukan 25 gol. Pemain ini juga mempunyai pengalaman bermain di sejumlah liga berbeda di Eropa, seperti Portugal, Spanyol, Belgia, Israel hingga Prancis.

Catatan statistik karier Amildo Balde. (Foto: Soccerway.com)

Di level tim nasional, Balde ketika muda pernah memperkuat Portugal U-19 dan U-20, bahkan dia turut mengantar Portugal menjadi runner-up Piala Dunia U-20 2011. Namun, di tingkat senior, Balde memilih memperkuat negara asalnya, Guinea-Bissau.

Bersama Guinea-Bissau, seperti menukil dari Wikipedia, Balde sudah tampil sebanyak empat kali dengan sumbangan satu gol. Satu-satunya gol yang ditorehkan Balde terjadi saat menghadapi Liberia di leg 1 kualifikasi Piala Dunia 2018. Kala itu, Guinea-Bissau menahan imbang Liberia 1-1.

Baca Juga

Trigol Balde Antar Persebaya Raih Hattrick Kemenangan

BonekJabodetabek.com | Trigol yang dicetak Amido Balde ke