Kenapa Persebaya dan Enam Klub Lain Masuk Divisi Utama?

Kenapa Persebaya dan Enam Klub Lain Masuk Divisi Utama?

- in Kliping
Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim. (foto. bolaindo.com)
Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim. (foto. bolaindo.com)

BonekJabodetabek.com | PSSI membeberkan alasan mengapa Persebaya 1927 dan enam klub lainnya dimasukkan ke Divisi Utama. Karena, menurut mereka kalau langsung ke IndonesiaSuper League (ISL) kemungkinannya sangat kecil karena mengganggu perencanaan jadwal.

Seperti diketahui, sebelumnya Komite Eksekutif (Exco) PSSI memulihkan status tujuh klub. Nantinya tujuh klub ini dibolehkan langsung berkompetisi di Divisi Utama.

Ketujuh klub tersebut, yakni Persebaya Surabaya, Arema Indonesia, Persema Malang, Lampung FC, Persewangi Banyuwangi, Persibo Bojonegoro dan Persipasi Kota Bekasi.

PSSI menjabarkan alasannya membolehkan tujuh klub itu langsung berkompetisi di DU. Sebab, sebelumnya mereka hanya bolehkan mereka main dari Liga Nusatara.

“Kala itu kan mereka main di LPI. Pada saat LPI ilegal, ISL legal. Sehabis itu berbalik kan. Berarti saat itu mereka klub legal,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim kepada wartawan.

Imbuhnya, “Maka itu, hal tersebut sesuai dengan semangat konsolidasi, termasuk dari sisi klub maupun perseorangan. Dengan catatan tak terkait match fixing.”

Selain alasan tersebut, PSSI mengaku tak bisa langsung memasukkan Persebaya dan lainnya ke ISL. Pasalya, kalau ISL menurutnya tak mungkin sebab akan berpengaruh dengan penjadwalan.

“Kalau ISL memang jangan sampai terganggu jumlah pertandingan, kalau ditambahkan terlalu banyak, manage-nya sulit. Kalau di DU masih ada slot, masih ada opsi bagi tiga grup dan lainnya,” pungkas dia.

Sumber: Jawa Pos

Baca Juga

Bonek Jabodetabek Open Donasi untuk Cak Tulus

Assalamualaikum Wr. Wb. Bonek Jabodetabek open donasi untuk