Kontribusi Persebaya buat Indonesia

Kontribusi Persebaya buat Indonesia

- in Kliping
Ilustrasi. (jawapos.com)

JawaPos.com – Kontribusi Persebaya Surabaya bagi tim nasional (timnas) Indonesia menjulur zaman. Dari dekade ke dekade, sepanjang umur Indonesia merdeka, Persebaya Surabaya tak berhenti menyuplai pemain untuk tim nasional (timnas) Indonesia.

Sejak era Liga Indonesia yang dimulai 1994 saja, para pemain yang lahir dari rahim kompetisi internal Persebaya bergantian menjadi pilar Garuda. Itu belum termasuk mereka yang tidak lahir dari kompetisi Persebaya, tapi dibesarkan oleh tim berjuluk Green Force tersebut.

Jawa Pos mencatat, dibatasi selama era Liga Indonesia saja, setidaknya bisa dibentuk dua timnas yang para pemainnya berasal dari Karanggayam, markas sekaligus tempat kompetisi internal Persebaya dijalankan.

Deretan nama-nama dari kompetisi internal Persebaya yang pernah berseragam timnas sejak era Liga Indonesia diantaranya Bejo Sugiantoro, Anang Maruf, Uston Nawawi, Musryid Effendi, Hartono, Nurul Huda, Eri Irianto, dan Yusuf Ekodono. Selain itu, juga terdapat nama Budi Sudarsono, Charis Yulianto, Dian Agus Prasetyo, Endra Prasetya, Tony Sucipto, Hariono, Taufik, Jatmiko, dan M. Jainal Ichwan. Dari generasi paling anyar ada nama Andik Vermansah, Taufik, Rendy Irwan, serta Evan Dimas Damono.

Itu belum termasuk mereka yang hilir-mudik berkontribusi di level timnas junior. Mulai timnas U-16 sampai U-23. ”Fakta ini tidak boleh diingkari. PSSI harus melihat dan memperhatikan kontribusi Persebaya untuk sepak bola nasional,” kata Mustaqim, mantan penyerang Persebaya.

Ya, dengan kontribusi sebesar itu, sangat patut dipertanyakan kalau PSSI terus saja mengingkari eksistensi dan mengamputasi hak berkompetisi Persebaya. Karena itu, Persebaya harus dipulihkan haknya.

Harus kembali diberi ruang untuk berkompetisi. Apalagi, Persebaya bukan saja sudah menyumbang puluhan pemainnya ke timnas. Tapi, klub kebanggaan Kota Pahlawan itu juga menjadi salah satu pendiri PSSI.

Sumber: Jawa Pos

Baca Juga

Bonek Jabodetabek Open Donasi untuk Cak Tulus

Assalamualaikum Wr. Wb. Bonek Jabodetabek open donasi untuk