Lima Pemain Legendaris Persebaya versi Bola.com (3)

Lima Pemain Legendaris Persebaya versi Bola.com (3)

- in Kliping

3. Jacksen F. Tiago

BonekJabodetabek.com | Saat Persebaya meraih gelar juara Liga Indonesia 1996-1997, tim kebanggaan bonek ini adalah tim superior. Klub berjulukan Bajul Ijo itu sulit ditaklukkan karena memiliki materi pemain kelas wahid. Ketika itu salah satu pemain andalannya adalah Jacksen F. Tiago, striker asal Brasil.

Nama Jacksen sebetulnya sudah melambung saat musim membawa Petrokimia Gresik menjadi runner-up Liga Indonesia 1994-1995. Tetapi, pria murah senyum itu makin berkibar saat mewujudkan impian publik Surabaya menjadi juara di kompetisi tertinggi Tanah Air. Kontribusi Jacksen buat Persebaya di musim itu sangat besar. Selain meraih gelar juara, Jacksen juga terpilih sebagai pemain terbaik.

Dua musim di Persebaya, Jacksen mencari tantangan baru bersama Geylang United di Singapura. Rasa rindu yang teramat besar dengan Persebaya membuatnya hanya bertahan semusim di Singapura dan kembali ke Surabaya. Pada 2001, ia juga kembali memperkuat Petrokimia dan memutuskan pensiun pada akhir musim itu. Profesi pelatih dijalaninya selepas gantung sepatu.

Jacksen membuktikan sepak bola adalah habitat aslinya. Itu karena selama dua musim menjadi pelatih Persebaya, Jacksen dua kali pula membawa Persebaya berprestasi. Jika pada musim 2003 Jacksen membawa timnya promosi ke Divisi Utama, semusim berikutnya langsung menjadi juara Liga Indonesia 2004. Lengkap meraih prestasi bersama Persebaya, baik sebagai pemain maupun pelatih, membuat dirinya tertantang membuktikan di tempat lain.

Ia pernah menjadi pelatih Persiter Ternate dan Persibom Bolaang Mongondow, hingga akhirnya sukses berat bersama Persipura Jayapura. Ia mampu membawa Persipura juara ISL musim 2008-2009, 2010-2011, dan 2011-2012, dan 2013.

Prestasi itu membuat Rawon, panggilan akrabnya, dipercaya PSSI untuk menangani timnas senior. Namun, karena pekerjaan pelatih timnas itu juga dirangkap dengan tetap menjadi pelatih Persipura, membuat fokus Jacksen seperti terpecah. Ia akhirnya memutuskan untuk berhenti dari kursi pelatih timnas dan fokus ke klub. Kini, Jacksen sudah hampir tiga tahun ini menangani klub Malaysia, Penang FA.

Sumber: bola.com (5 Pesepak Bola Legendaris Klub Persebaya Surabaya)

Jacksen F Tiago. (Foto instagram.com/BONEKDSGN)
Jacksen F Tiago. (Foto instagram.com/BONEKDSGN)

Baca Juga

Bonek Jabodetabek Open Donasi untuk Cak Tulus

Assalamualaikum Wr. Wb. Bonek Jabodetabek open donasi untuk