Lima Pemain Legendaris Persebaya versi Bola.com (5-habis)

Lima Pemain Legendaris Persebaya versi Bola.com (5-habis)

- in Kliping
Libero legendaris Persebaya, 'Bejo' Sugiantoro. (Foto juara.net)
Libero legendaris Persebaya, ‘Bejo’ Sugiantoro. (Foto juara.net)

5. Sugiantoro

BonekJabodetabek.com | Tidak terbantahkan lagi bila Sugiantoro adalah salah satu legenda terbesar Persebaya. Kiprahnya bersama Persebaya sulit ditandingi para penerusnya. Pemain yang akrab dipanggil Bejo ini selalu bermain prima saat masih aktif bermain di posisi libero atau stoper.

Dua gelar juara dipersembahkannya buat Persebaya pada musim 1996-1997 dan 2004. Itu adalah bukti konkret kehebatan pemain murah senyum ini. Sebelum bersinar terang bersama Persebaya, Sugiantoro pernah merasakan tempaan dalam proyek mercusuar PSSI, yaitu Timnas Primavera di Italia. Tetapi, tak seperti mayoritas rekannya, Sugiantoro memilih pulang karena tidak mampu menahan rindu terhadap keluarga.

Namun, begitu Sugiantoro tetap menjadi langganan timnas senior. Permainan lugasnya membuat Sugiantoro selalu masuk dalam daftar pemain yang dipanggil timnas di berbagai ajang. Namun, Sugiantoro memutuskan pensiun lebih cepat dari timnas karena merasa dapat perlakuan tidak adil dari PSSI.

Kejadian yang membuatnya sakit hati saat memperkuat PSPS Pekanbaru dihukum larangan bermain selama setahun. Ia didakwa terlibat dalam pemukulan terhadap wasit Subandi dalam salah satu pertandingan PSPS. Selain memperkuat Persebaya dan PSPS, Sugiantoro pernah memperkuat klub lain seperti PSMP Mojokerto dan Persida Sidoarjo. Di klub Sidoarjo itulah Sugiantoro memutuskan pensiun.

Selepas menjadi pemain, Sugiantoro sempat meniti karier sebagai pelatih di SSB Surabaya. Tetapi, kemudian ia lebih memilih mengembangkan bisnis pribadinya, yaitu jasa kontainer dan pergudangan. Saat ini Sugiantoro juga tercatat sebagai salah satu tenaga honorer di Dispora Surabaya bersama beberapa mantan pemain lainnya seperti Mat Halil, Endra Prasetya, Jatmiko, dan Yusuf Ekodono.

Sumber: bola.com (5 Pesepak Bola Legendaris Klub Persebaya Surabaya)

Baca Juga

Bonek Jabodetabek Open Donasi untuk Cak Tulus

Assalamualaikum Wr. Wb. Bonek Jabodetabek open donasi untuk