Menpora: Persebaya yang Asli adalah yang Sah Secara Hukum

Menpora: Persebaya yang Asli adalah yang Sah Secara Hukum

- in Kliping

BonekJabodetabek.com | Dukungan kepada PT Persebaya Indonesia sebagai pemilik sah atas Persebaya Surabaya yang asli terus mengalir. Kali ini, legitimasi kuat diberikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kepada perusahaan olahraga yang beralamat di Jalan Karanggayam Surabaya itu.

Bersama dengan Arema Cronus, Persebaya memang salah satu tim yang paling menyita perhatian. “Pemerintah saat ini mengakui Persebaya yang asli adalah Persebaya yang sah secara hukum atau legalitas klub yang kuat,” katanya.

Pengakuan menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu adalah bentuk respons atas keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang menerbitkan sertifikat atas logo dan nama Persebaya ke PT Persebaya Indonesia. Imam menambahkan, adanya penerbitan sertifikat logo dan nama “Persebaya” itu sekaligus mengakhiri sengketa dualisme kepemilikan Persebaya yang selama ini terjadi.

Masalah tarik-menarik kepemilikan itu pula yang membuat Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) enggan mengeluarkan rekomendasi perhelatan Indonesia Super League (ISL) 2015.

“Dulu ada dua tim yang bermasalah dengan legalitas kepemilikan, Persebaya dan Arema. Tapi, secara perlahan masalah dualisme klub itu sudah selesai,” lanjutnya.

Imam juga berencana melaporkan fakta terkait aspek legalitas Arema dan Persebaya itu kepada perwakilan FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) yang rencananya akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. “Kami akan laporkan yang sebenarnya terkait situasi sepak bola nasional, termasuk temuan terbaru atas legalitas Persebaya yang asli,” jelasnya.

Sedangkan Sekjen BOPI Heru Nugroho mengatakan, untuk saat ini hanya ada satu Persebaya pasca-penerbitan sertifikat dari Kemenkumham. Itu seiring dengan Persebaya United yang telah menggantikan nama mereka ke Bonek FC.

Hanya saja, apakah Persebaya milik PT Persebaya Indonesia bisa mengikuti kompetisi musim depan, Heru tidak bisa memberikan garansi apa-apa. “Karena semuanya tergantung dari pihak operator, apakah mereka bersedia mengajak Persebaya ikut atau enggak,” ujar Heru.

“Begitu juga dengan kompetisi reguler yang akan dihelat oleh federasi yang resmi, akan dilibatkan Persebaya atau tidak, itu tergantung federasi. Karena kewenangan kami hanya sampai sebatas melakukan verifikasi,” lanjutnya.

Sumber: JawaPos.com

Tentang Penulis

Baca Juga

Bonek Jabodetabek Open Donasi untuk Cak Tulus

Assalamualaikum Wr. Wb. Bonek Jabodetabek open donasi untuk