Persebaya Bakal Bangkit?

Persebaya Bakal Bangkit?

- in Kliping

BonekJabodetabek.com | Manajemen PT Persebaya Indonesia (PT PI) menggelar RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) di sebuah rumah makan di Surabaya, kemarin (26/3). Rapat dihadiri pengurus klub-klub internal dan manajemen tim.

Hasil dari RUPS tersebut adalah bahwa saham mayoritas, yakni 70 persen, PT PI saat ini dimiliki 20 klub internal yang tergabung dalam koperasi Surya Abadi Persebaya.

Sedangkan, sisa 30 persen menjadi milik Saleh Mukadar dan Cholid Ghoromah yang masing-masing 15 persen.

Namun, sejatinya pembagian saham masing-masing 15 persen itu tidak dikehendaki oleh Saleh dan Cholid.

Mereka berdua ingin menyerahkan seluruh saham yang sebelumnya mereka pegang dikembalikan secara utuh kepada klub internal atau koperasi.

’’Saya ikhlas menyerahkan saham kembali ke klub. Silakan klub-klub internal secara independen untuk mengelola Persebaya ke depan. Sekaligus saya mundur sebagai komisaris utama PT PI,’’ ujar Saleh Mukadar kemarin (26/3).

’’Saya pribadi bersedia untuk melepas semua saham (30 persen) kepada klub. Sekaligus dengan ini saya ingin mundur sebagai direktur utama PT PI.

Alasan keluarga menjadi faktor utama. Saya tidak ingin keberadaan saya di PT PI terus digunakan pihak-pihak yang membenci saya untuk terus memfitnah dan menjatuhkan Persebaya,’’ timpal Cholid.

Namun, keinginan kedua orang tersebut tidak sepenuhnya diluluskan oleh mayoritas peserta forum yang hadir. Hanya keinginan Saleh untuk mundur saja yang disetujui.

Sebab, dengan bisnis yang mayoritas berkutat di Ambon, sulit rasanya agar Saleh bisa tetap ikut dalam proses Persebaya.

Sedangkan untuk Cholid, peserta forum lainnya menyuarakan agar dirinya tetap menjabat sebagai direktur utama PT PI . Cholid diharapkan bisa tetap bersama tim berjuluk Green Force tersebut hingga bisa kembali bertanding dan mencium harum rumput stadion.

’’Kami semua ingin agar Pak Saleh dan Pak Cholid tidak lantas hilang di Persebaya. Terkait saham, kami sepakat untuk memberikan jumlah mayoritas kepada koperasi. Namun, sisanya tetap diberikan kepada anda berdua hingga Persebaya bisa eksis kembali,’’ tutur Ram Surahman, salah satu peserta forum.

Hal tersebut dibenarkan Sutan Rachman Saleh selaku notaris yang juga hadir dalam RUPS tersebut. Menurut dia, baik Saleh dan Cholid idealnya memang baru bisa “pergi” setelah semua persoalan yang membelit Persebaya selama ini telah rampung.

’’Semua persoalan termasuk tunggakan gaji harus diselesaikan terlebih dahulu, dan kedua orang tersebut disarankan untuk tidak meninggalkan klub ini meski sudah bertemu dengan investor atau sponsor baru. Semua demi kebaikan dan visi misi klub ini di masa depan,’’ ujar Sutan.

Selain RUPS, pertemuan kemarin juga membahas tentang pembentukan struktur kepengurusan baru di tubuh PT PI. Sebagai ganti Saleh yang mundur, komisaris utama PT PI yang baru akan dipegang Amang Mulya.

Selain itu, jabatan ketua koperasi yang selama ini dijabat Suprastowo juga mengalami perubahan, meski baru secara aklamasi. Adalah Maurits Pangkey yang ditunjuk secara musyawarah untuk bisa mem-back up posisi Suprastowo.

“Amanat yang diberikan rekan-rekan pengurus ini akan berusaha saya jalankan dengan sebaik mungkin. Saya berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan,’’ ujar pria yang juga menjabat ketua harian PS Maesa Surabaya itu.

Setelah melakukan RUPS, agenda terdekat dari Persebaya adalah fokus untuk menyelesaikan gaji karyawan yang tertunggak. Selain itu, pembentukan susunan organisasi di manajemen klub juga segera dirampungkan.

’’Kami tetap berusaha agar itu (gaji) bisa segera terselesaikan. Kemungkinan pekan depan akan ada perkembangan untuk itu,’’ ucap Cholid lagi. (io)

Komposisi Baru Saham PT Persebaya Indonesia

70 persen koperasi “Surya Abadi Persebaya”

15 persen Saleh Ismail Mukadar

15 persen Cholid Ghoromah

Susunan Pengurus Baru PT PI

-Komisaris Utama : Amang Mulya

-Komisaris Satu : Masril Jamaloes

-Komisaris Dua : Maurits Pangkey
-Direktur Utama : Cholid Ghoromah

-Direktur Keuangan : Choesnoel Farid

-Direktur Pengembangan Usaha dan Bisnis : Kardi Suwito

-Direktur Pengelolaan : Nurhadi

-Direktur Pembinaan Usia Dini : Saleh Hanifah
Sumber: JPNN (Persebaya Mulai Bangkit)

Baca Juga

Bonek Jabodetabek Open Donasi untuk Cak Tulus

Assalamualaikum Wr. Wb. Bonek Jabodetabek open donasi untuk