Piala Presiden 2019 Semifinal II
06/04/2019, 19:00
Madura United
2 - 3
Persebaya
Stadion Gelora Ratu Pamelingan
Persebaya Surabaya

Match Report

Persebaya kalahkan Madura United 3-2 di leg kedua semifinal Piala Presiden 2019 yang berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (6/4) malam. (Foto: persebaya.id)

BonekJabodetabek.com | Selepas memenangi duel bertajuk derby Suramadu di dua laga semifinal kontra Madura United, Persebaya Surabaya bakal melakoni derby yang tak kalah menariknya, yakni Derby Jawa Timur kontra Arema FC di babak puncak Piala Presiden 2019.

Pada leg kedua semifinal di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (6/4) malam, Persebaya sempat tertinggal 0-1 pada menit ke-54, setelah tandukan Aleksandar Rakic gagal dijangkau oleh kiper Miswar Saputra.

Namun, tujuh menit berselang, Bajol Ijo mampu menyamakan kedudukan, setelah sepakan pojok Damio Lizio mampu ditanduk dengan sempurna Otavio Dutra. Sayangnya, kedudukan kembali berubah 2-1 untuk Laskar Sape Kerrab berkat kecerdikan Beto Goncalves menceploskan bola ke gawang Miswar di menit 68.

Tertinggal 2-1, sebenarnya kans Persebaya melaju ke final masih tetap terbuka, menyusul keunggulan 1-0 di leg pertama di Surabaya. Namun, para penggawa Persebaya tidak mau mengambil risiko. Mereka tetap membuat pertandingan berlangsung ketat, hingga akhirnya ujung tombak Amido Balde mampu menyamakan kedudukan di menit 84.

Dengan kedudukan imbang 2-2, langkah Madura United untuk mencapai final semakin berat, karena dengan enam menit waktu normal tersisa, mereka harus mampu menceploskan dua gol ke gawang Bajol Ijo.

Alih-alih memperoleh kemenangan, kiper Madura United, Muhammad Ridho justru harus kembali memungut bola dari dalam gawangnya, setelah Hansamu Yama Pranata mengoyak jalanya di pengujung pertandingan. Melalui sebuah serangan balik, Otavia Dutra mengirimkan bola ke arah kotak penalti lawan, sambil berlari Hansamu meneruskan bola ke dalam gawang M Ridho.

Lewat kemenangan 2-3 (agregat 2-4) ini, Green Force pun berhak untuk menuju ke laga pamungkas yakni menghadapi Arema FC, yang menurut jadwal akan berlangsung secara home and away pada 9 dan 12 April 2019.